Inilah Bahaya Menggunakan Nulled Theme bagi Website

Pengetahuan

Pengguna website perlu mengetahui tentang bahaya menggunakan nulled theme dan Plugin WordPress untuk menghindari masalah yang mungkin bisa terjadi. Sayangnya, kedua istilah tersebut mungkin masih asing dan jarang diketahui oleh para pengguna website. Nulled theme merupakan tema versi bajakan dari tema premium, begitu pula nulled Plugin yang merupakan Plugin bajakan dari versi premium/berbayar.

Nulled theme dan nulled plugin ini tersebar luas di internet dan dapat digunakan secara gratis. Seperti yang Kita ketahui, tema dan Plugin premium biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dan kinerja yang optimal. Namun, tema dan Plugin premium yang harusnya berbayar diubah menjadi gratis bisa mengandung komponen yang membahayakan website.

Bahaya Menggunakan Nulled Theme bagi Website

Tema dan Plugin merupakan dua hal yang sangat penting untuk meningkatkan tampilan dan fungsional website. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya karena bisa saja mendapatkan nulled theme dan nulled Plugin. Berikut ini bahaya menggunakan nulled theme dan nulled Plugin bagi website antara lain:

Mudah Terkena Hack

Nulled theme maupun nulled Plugin terkenal bisa membawa malware sehingga sangat berbahaya untuk keamanan website Anda. Jika website Anda terkena malware, maka bisa mengalami kehilangan data bahkan tidak terdeteksi di mesin pencari karena dianggap mendistribusikan malware.

Privasi Terancam

Menggunakan dan mengelola website pasti membutuhkan informasi pribadi seperti alamat email, username, password dan lain sebagainya. Nah, berbagai informasi penting tersebut bisa saja dicuri oleh hacker. Hal ini juga sangat berbahaya bagi website e-commerce karena bisa saja data pelanggan ikut dicuri dan tidak diketahui.

SEO Menurun

Jika Anda menggunakan nulled theme atau nulled Plugin, website tetap bisa berfungsi dengan baik dan lancar. Namun, mesin pencari seperti Google bisa mendeteksi adanya malware dan menganggap website Anda sebagai spam. Hasilnya, SEO akan menurun dan website Anda tidak akan bisa masuk ke dalam ranking search engine. Meskipun anda menggunakan backlink berkualiatas dari pushrank.

Tidak Mendapatkan Update

Tema ataupun Plugin yang digunakan pada website biasanya perlu di update untuk memperbaiki bug. Nah, jika Anda menggunakan nulled theme atau nulled Plugin tidak bida mendapatkan update karena lisensi tidak valid.

Tidak Kompatibel Versi Terbaru

Karena nulled theme dan nulled Plugin tidak bisa update, mungkin saja Anda tidak bisa mengakses website karena menggunakan versi lama. Setiap tema dan Plugin biasanya selalu melakukan pembaruan dan menambahkan fitur baru. Oleh karena itu, para pengguna perlu melakukan update agar lebih kompatibel dan bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaru.

Tidak Mendapatkan Support

Alasan pengguna website menggunakan tema dan Plugin premium biasanya karena bisa mendapatkan support dan dokumentasi. Sayangnya, hal ini tidak akan didapatkan bagi pengguna nulled theme dan nulled Plugin yang merupakan bajakan dari versi premium berbayar.

Jika demikian, maka lebih baik Anda menggunakan tema dan Plugin gratis agar bisa digunakan secara maksimal dan tidak membahayakan website. Ada ribuan tema dan juga Plugin yang berkualitas dan tersedia secara gratis.

Bagaimana Nulled Theme Mempengaruhi Ranking SEO?

Seperti yang dijelaskan pada poin ke tiga di atas, nulled theme dan nulled Plugin bisa membahayakan ranking SEO website Anda. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Nulled theme dan nulled Plugin itu sendiri bisa dikatakan sebagai software ilegal karena tidak menggunakan versi asli yang berbayar. Seperti yang diketahui, semua yang ilegal atau bajakan pasti memberikan efek samping yang buruk.

Tema dan Plugin versi bajakan ini memungkinkan adanya spam link ke website, dengan kata lain membajak user Anda. Dengan begitu, bisa saja website Anda melakukan redirect ke website-website yang tidak aman. Aktivitas tersebut bisa saja tidak terdeteksi sama sekali karena tersembunyi dalam kode, sehingga pengguna tidak menyadarinya.

Namun, hal ini akan disadari oleh search engine serta menganggap website Anda sebagai spam dan melakukan penalty. Mesin pencari bisa saja berhenti mengindeks website Anda dan akhirnya tidak akan ada kesempatan untuk masuk ranking SEO. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengembalikan pengaturan SEO yang sudah Anda lakukan selama ini.

Masih tertarik menggunakan nulled theme dan nulled Plugin? Lebih baik jangan digunakan, daripada harus menanggung akibat yang lebih buruk. Sebaiknya, konsultasi dulu dengan jasa web hosting seperti Atlanta SEO Company untuk pembuatan website, pemilihan tema dan Plugin yang tepat. Dengan begitu, website yang Anda gunakan bisa lebih optimal dan terhindar dari bahaya malware dan lainnya.